pipa spiral blue

Jenis Fitting Pipa Besi

Pipaspiral.comFitting berperan penting dalam sistem perpipaan. Banyak jenis fitting pipa besi keutamaan fungsinya adalah untuk merubah arah aliran, menyebarkan aliran, dan membesar kecilkan aliran. Untuk lebih mengetahui gambaran umum jenis fitting pipa besi ada baik nya simak artikel berikut ini.

jenis fitting pipa besi

Macam-macam Jenis Sambungan Pipa Besi

Fitting adalah sebutan nama yang di gunakan untuk pengelompokan komponen perpipaan.
Sebab di dalam fitting terdapat berbagai macam jenis dan fungsinya masing-masing,
antara lain :

Fitting Elbow

fitting elbow

Elbow merupakan komponen fitting pipa yang berfungsi sebagai membelokan arah aliran. Kemiringan belokan elbow yang paling umum yaitu 45 derajat dan 90 derajat. Biasanya untuk memperoleh sudut selain di atas elbow tersebut dapat di potong atau menggunakan dua buah elbow yang di satukan.

Ada dua tipe elbow yang paling banyak di pasaran yaitu tipe sort radius dan long radius.

Elbow umumnya memiliki diameter yang sama pada bagian masukan dan keluaran. Namun ada juga yang memiliki ukuran berbeda antara keluaran dan masukannya biasanya di sebut dengan reducing elbow.

Fitting Tee

fitting tee

Tee dalam fitting berfungsi sebagai pembagi aliran, Jenis yang satu ini adalah fitting untuk percabangan. Seperti nama nya berbentu seperti huruf “T”. Untuk ukurannya dengan ukuran pipa utamanya ini di sebut straight tee. Jika berbeda di sebut dengan reducing tee.

Fitting Reducer

fitting reducer

Reducer Jenis fitting yang satu ini berfungsi untuk mengurangi aliran fluida. Mengurangi disini adalah untuk pipa nya bukan seperti valve. Reducer bertugas menggabungkan diameter pipa besar ke yang lebih kecil atau sebaliknya.

Dalam reducer ada dua jenis yang keduanya memiliki peran yang berbeda-beda, yaitu concentrik reducer dan eccentrik reducer akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Stub-in

fitting stub in

Stub in adalah jenis fitting yang fungsinya mirip dengan tee yang membagi aliran. Bedanya adalah stub in percabangan langsung dari pipa utama (menggantikan reducing tee).

Fitting Cap

fitting cap

Berbeda dengan fitting lainnya, fiting yang satu ini berfungsi untuk menutup atau menghentikan aliran fluida pada ujung pipa. Fitting ini di las langsung.

Ada juga penututup aliran fluida yang dapat di bongkar dan di lepas. Biasanya menggunakan sambungan flange, lebih jelasnya blind flange. Mengenai apa itu flange akan di bahas pada artikel selanjutnya!

Baca juga  : Jenis-jenis Flange Pipa

Informasi fitting pipa besi

Bagi Anda yang sedang mencari fitting atau sambungan pipa besi. Anda berada di tempat yang tepat.

Jangan sungkan mengkontak Marketing Office kami ( PT Mitra Jaya Makmur Abadi ) distributor pipa besi terbaik Jakarta – Indonesia. Kami jual aneka material besi baja logam dalam berbagai jenis tipe dan ukuran.

Melayani pembelian logam seperti stainless stell, besi baja, tembaga, logam kuningan, dll secara grosir untuk kirim ke seluruh pelosok wilayah Indonesia.

Contact

Jl Pangeran Jayakarta 117 B12 Jakarta Pusat – Indonesia, 10730.
Waktu Operasional : Senin – Jumat (Kecuali Libur Nasional)
Pukul 09:00 s/d 17:00 WIB.

Call : 021 623 20 230 / 021 623 055 44 / 021 623 20 480

Whatsapp (hunting)

082112765180 ( Rita )

08567122999 ( MARIANA )

08999367763 ( Sherly )

 

Facebook
WhatsApp
Twitter
LinkedIn
Pinterest
PipaSpiral.com

PipaSpiral.com

Di kelola oleh PT. Mitra Jaya Makmur Abadi
Melayani pengadaan material seperti pipa besi, pipa spiral, pipa seamless, pipa welded, pipa galvanis, pipa cast iron, plat, besi beton, valve, fitting, stainless steel, scaffolding equipment, dan perlengkapannya. Memenuhi kebutuhan industri dan konstruksi.

RECENT POSTS